Jika kita baru mengenal DraftSight atau CAD secara umum, kita akan melihat bagian dari interface DraftSight bagian bawah terdapat tab Model Space dan Sheet Space, lalu sebenarnya apa perbedaan dari space tersebut.?

Tab Model (Model Space) merupakan tempat dimana kita melakukan semua aktivitas design dan drafting. Pada model space ini kita menggambar semuanya pada skala 1:1, semua digambar dengan ukuran sebenarnya. Kita tidak perlu khawatir mengenai batasan space yang
ada di tab model ini karena sudah di sediakan space yang sangat besar dan kita tidak akan stuck di space ini.

Tab Sheet (Sheet Space). Di sinilah kita memasukkan Judul Sheet kita, lay out drawing kita, dan di mana kita dapat mengatur skala kita di viewports. Menggunakan Viewports kita dapat memiliki beberapa view yang ada di drawing kita dengan skala yang sama maupun yang berbeda.

Sheet Space akan membantu kita menjabarkan drawing kita dengan jelas, dan memungkinkan kita untuk menambahkan Title Sheet dan Annotation. Pada dasarnya, di Sheet Space, kita mendapatkan drawing kita yang siap untuk dicetak baik itu ke dalam kertas atau PDF.

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *